interaksi dan komunikasi online
INTERAKSI DAN KOMUNIKASI ONLINE
A.interaksi online
menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) interaksi adalah saling melakukan aksi,saling memengaruhi,saling berhubungan atau antar hubungan.sedangkan online adalah keadaan disaat seseorang terhubung kedalam suatu jaringan ataupun system yang lebih besar,pada umumnya terjadi melalui internet.
secara garis besar interaksi online dimaksudkan adalah saling melakukan aksi,saling berhubungan,saling memengaruhi/antar hubungan melalui suatu jaringan(internet).
Adapun perangkat yang digunakan untuk melakukan interaksi online seperti:
1.
Perangkat lunak
· Whatsapp
· Facebook
· Game
· Twitter
· Dan lain-lain
2.
Perangkat keras
· Handphone
· Computer
· Dan lain-lain
Berikut ini adalah beberapa contoh interaksi online ,diantaranya:
1) Hubungan antara penjual dan pembeli dalam tawar menawar
dan transaksi.
2) Hubungan antara guru-murid dalam pembelajaran kelas
maya.
3) Hubungan dosen-murid dalam kuliah kelas maya.
4) Hubungan antar siswa dalam kolaborasi kelas maya.
5) Hubungan antar pedagang dalam berbagai informasi harga.
6) Hubungan produsen-konsumen dalam tawar menawar harga
dan transaksi.
Dalam suatu proses interaksi pasti selalu ada komunikasi yang sifatnya timbale balik misalnya saling member informasi dan menerima informasi dan saling tanggung jawab dan saling member stimulus/respon.
B.Komunikasi Online
Komunikasi online adalah komunikasi yang terjadi pada suatu jaringan yang tersedia (internet).untuk melakukan komunikasi online diperlukan dua hal yakni system komunikasi online dan media komunikasi online.
1)
Sistem komunikasi online
Sistem komunikasi
online adalah system yang digunakan untuk melakukan komunikasi online melalui
akses jaringan internet.Sistem komunikasi online dapat dibagi menjadi4 yaitu:
· Real Time
System
Real time system
adalah sistem yang harus menghasilkan respon yang tepat
dalam batas waktu yang telah ditentukan.
·
Batch Proccesing
System
Batch processing system
adalah pemrosesan transaksi secara sekelompok demi sekelompok dengan menghimpun
datanya terlebih dahulu.
·
Time Sharing System
Time sharing system adalah suatu teknik penggunaan online system oleh beberapa pemakai secara
bergantian menurut waktu yang diperlukan pemakai.
·
Distribute Proccesing
System
Distribute procccesing system adalah sistem manajemen dimana proses yang dieksekusi di banyak sistem komputer
yang tersebar atau terdistribusi.
2)
Media komunikasi
online
Media komunikasi
online adalah media yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi online.media
komunikasi online dapat dibagi menjadi 2 yaitu:
·
Software(perangkat
lunak)
Software
adalah sekumpulan data elektronik
yang disimpan dan diatur oleh
komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program
atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer
dapat menjalankan suatu perintah.contoh software
yaitu:whatsapp,facebook,browser,games,dan lain lain.
contoh software pada media komunikasi online:
· Hardware(Perangkat keras)
contoh software pada media komunikasi online:
1.FTP (singkatan dari File Transfer Protocol)
FTP adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus transfer antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.
Sebuah server FTP diakses dengan menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format ftp://namaserver. Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut.
Cara kerja protokol FTP
FTP menggunakan protokol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga di antara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum transfer data dimulai. Sebelum membuat koneksi, port TCP nomor 21 di sisi server akan "mendengarkan" percobaan koneksi dari sebuah klien FTP dan kemudian akan digunakan sebagai port pengatur (control port) untuk (1) membuat sebuah koneksi antara klien dan server, (2) untuk mengizinkan klien untuk mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server dan juga (3) mengembalikan respons server ke perintah tersebut. Sekali koneksi kontrol telah dibuat, maka server akan mulai membuka port TCP nomor 20 untuk membentuk sebuah koneksi baru dengan klien untuk mentransfer data aktual yang sedang dipertukarkan saat melakukan pengunduhan dan penggugahan.
FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan username dan password yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi. Pengguna terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses, men-download, dan meng-upload berkas-berkas yang ia kehendaki. Umumnya, para pengguna terdaftar memiliki akses penuh terhadap beberapa direktori, sehingga mereka dapat membuat berkas, membuat direktori, dan bahkan menghapus berkas. Pengguna yang belum terdaftar dapat juga menggunakan metode anonymous login, yakni dengan menggunakan nama pengguna anonymous dan password yang diisi dengan menggunakan alamat e-mail.
FTP adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus transfer antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.
Sebuah server FTP diakses dengan menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format ftp://namaserver. Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut.
Cara kerja protokol FTP
FTP menggunakan protokol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga di antara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum transfer data dimulai. Sebelum membuat koneksi, port TCP nomor 21 di sisi server akan "mendengarkan" percobaan koneksi dari sebuah klien FTP dan kemudian akan digunakan sebagai port pengatur (control port) untuk (1) membuat sebuah koneksi antara klien dan server, (2) untuk mengizinkan klien untuk mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server dan juga (3) mengembalikan respons server ke perintah tersebut. Sekali koneksi kontrol telah dibuat, maka server akan mulai membuka port TCP nomor 20 untuk membentuk sebuah koneksi baru dengan klien untuk mentransfer data aktual yang sedang dipertukarkan saat melakukan pengunduhan dan penggugahan.
FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan username dan password yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi. Pengguna terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses, men-download, dan meng-upload berkas-berkas yang ia kehendaki. Umumnya, para pengguna terdaftar memiliki akses penuh terhadap beberapa direktori, sehingga mereka dapat membuat berkas, membuat direktori, dan bahkan menghapus berkas. Pengguna yang belum terdaftar dapat juga menggunakan metode anonymous login, yakni dengan menggunakan nama pengguna anonymous dan password yang diisi dengan menggunakan alamat e-mail.
2.website
website terdiri dari dua kata yaitu web yang berarti jaringan dan site yang berartin situs atau portal jadi website berarti jaringan situs atau portal.
website merupakan komponen yang terdiri dari teks,gambar,suara,animasi sehingga menjadi media informasi yang menarik untuk dikunjungi oleh oarng lain.secara garis besar website adalah sekumpulan halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bias diakses di seluruh dunia sehinnga terkoneksi jaringan internet tanpa batas waktu.
·
Hardware adalah salah satu komponen dari sebuah
komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang
berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
contoh hardware yaitu:computer,handphone,mouse,keyboard,dan
lain lain.
Jenis-Jenis Komunikasi
(sumber http://www.definisi-pengertian.com/2015/06/jenis-jenis-komunikasi.html)
Berikut beberapa penjelasan tentang jenis-jenis komunikasi
1. Komunikasi intrapribadi
Komunikasi intrapribadi (intrapersonal communication) adalah komunikasi dengan diri sendiri, baik kita sadari atau tidak. Misalnya berpikir.
Komunikasi interpersonal adalah proses pertukaran informasi diantara seseorang dengan paling kurang seorang lainnya atau biasanya di antara dua orang yang dapat langsung diketahui balikannya. (Muhammad, 2005,p.158-159).
Menurut Devito (1989), komunikasi interpersonal adalah penyampaian pesan oleh satu orang dan penerimaan pesan oleh orang lain atau sekelompok kecil orang, dengan berbagai dampaknya dan dengan peluang untuk memberikan umpan balik segera (Effendy,2003, p. 30).
Komunikasi interpersonal adalah komunikasi antara orang-orang secara tatap muka, yang memungkinkan setiap pesertanya menangkap reaksi orang lain secara langsung, baik secara verbal atau nonverbal. Komunikasi interpersonal ini adalah komunikasi yang hanya dua orang, seperti suami istri, dua sejawat, dua sahabat dekat, guru-murid dan sebagainya (Mulyana, 2000, p. 73)
Menurut Effendi, pada hakekatnya komunikasi interpersonal adalah komunikasi antar komunikator dengan komunikan, komunikasi jenis ini dianggap paling efektif dalam upaya mengubah sikap, pendapat atau perilaku seseorang, karena sifatnya yang dialogis berupa percakapan. Arus balik bersifat langsung, komunikator mengetahui tanggapan komunikan ketika itu juga. Pada saat komunikasi dilancarkan, komunikator mengetahui secara pasti apakah komunikasinya positif atau negatif, berhasil atau tidaknya. Jika ia dapat memberikan kesempatan pada komunikan untuk bertanya seluas-luasnya (Sunarto, 2003, p. 13).
Klasifikasi Komunikasi Interpersonal
Redding yang dikutip Muhammad (2004, p. 159-160) mengembangkan klasifikasi komunikasi interpersonal menjadi interaksi intim, percakapan sosial, interogasi atau pemeriksaan dan wawancara.
- Interaksi intim termasuk komunikasi di antara teman baik, anggota famili, dan orang-orang yang sudah mempunyai ikatan emosional yang kuat.
- Percakapan sosial adalah interaksi untuk menyenangkan seseorang secara sederhana. Tipe komunikasi tatap muka penting bagi pengembangan hubungan informal dalam organisasi. Misalnya dua orang atau lebih bersama-sama dan berbicara tentang perhatian, minat di luar organisasi seperti isu politik, teknologi dan lain sebagainya.
- Interogasi atau pemeriksaan adalah interaksi antara seseorang yang ada dalam kontrol, yang meminta atau bahkan menuntut informasi dari yang lain. Misalnya seorang karyawan dituduh mengambil barang-barang organisasi maka atasannya akan menginterogasinya untuk mengetahui kebenarannya.
- Wawancara adalah salah satu bentuk komunikasi interpersonal di mana dua orang terlibat dalam percakapan yang berupa tanya jawab. Misalnya atasan yang mewawancarai bawahannya untuk mencari informasi mengenai suatu pekerjaannya.
Komunikasi antarpribadi (interpersonal communication) adalah komunikasi antara orang-orang secara tatap muka, yang memungkinkan respon verbal maupun nonverbal berlangsung secara langsung. Bentuk khusus komunikasi antarpribadi ini adalah komunikasi diadik (dyadic communication) yang hanya melibatkan dua individu, misalnya suami-istri, dua sejawat, guru-murid. Ciri-ciri komunikasi diadik adalah pihak-pihak yang berkomunikasi berada dalam jarak yang dekat; pihak-pihak yang berkomunikasi mengirim dan menerima pesan secara langsung dan simultan.
penggunaan bahasa atau pikiran yang terjadi di dalam diri komunikator sendiri antara self dengan God. Komunikasi intrapersonal merupakan keterlibatan internal secara aktif dari individu dalam pemrosesan simbolik dari pesan-pesan. Seorang individu menjadi pengirim sekaligus penerima pesan, memberikan umpan balik bagi dirinya sendiri dalam proses internal yang berkelanjutan. Komunikasi intrapersonal dapat menjadi pemicu bentuk komunikasi yang lainnya. Pengetahuan mengenai diri pribadi melalui proses-proses psikologis seperti persepsi dan kesadaran (awareness) terjadi saat berlangsungnya komunikasi intrapribadi oleh komunikator. Untuk memahami apa yang terjadi ketika orang saling berkomunikasi, maka seseorang perlu untuk mengenal diri mereka sendiri dan orang lain. Karena pemahaman ini diperoleh melalui proses persepsi. Maka pada dasarnya letak persepsi adalah pada orang yang mempersepsikan, bukan pada suatu ungkapan ataupun obyek.
Aktivitas dari komunikasi intrapribadi yang kita lakukan sehari-hari dalam upaya memahami diri pribadi diantaranya adalah; berdo'a, bersyukur, instrospeksi diri dengan meninjau perbuatan kita dan reaksi hati nurani kita, mendayagunakan kehendak bebas, dan berimajinasi secara kreatif .
Pemahaman diri pribadi ini berkembang sejalan dengan perubahan perubahan yang terjadi dalam hidup kita. Kita tidak terlahir dengan pemahaman akan siapa diri kita, tetapi prilaku kita selama ini memainkan peranan penting bagaimana kita membangun pemahaman diri pribadi ini
Kesadaran pribadi (self awareness) memiliki beberapa elemen yang mengacu pada identitas spesifik dari individu (Fisher 1987:134). Elemen dari kesadaran diri adalah konsep diri, proses menghargai diri sendiri (self esteem), dan identitas diri kita yang berbeda beda (multiple selves).
3. Komunikasi kelompok (kecil)
Komunikasi kelompok merujuk pada komunikasi yang dilakukan sekelompok kecil orang (small-group communication). Kelompok sendiri merupakan sekumpulan orang yang mempunyai tujuan bersama, yang berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama, saling mengenal satu sama lain, dan memandang mereka sebagai bagian dari kelompok tersebut. Komunikasi antarpribadi berlaku dalam komunikasi kelompok.
4. Komunikasi publik
Komunikasi publik adalah komunikasi antara seorang pembicara dengan sejumlah orang (khalayak), yang tidak bisa dikenali satu persatu. Komunikasi publik meliputi ceramah, pidato, kuliah, tabligh akbar, dan lain-lain. Ciri-ciri komunikasi publik adalah: berlangsung lebih formal; menuntut persiapan pesan yang cermat, menuntut kemampuan menghadapi sejumlah besar orang; komunikasi cenderung pasif; terjadi di tempat umum yang dihadiri sejumlah orang; merupakan peristiwa yang direncanakan; dan ada orang-orang yang ditunjuk secara khusus melakukan fungsi-fungsi tertentu.
5. Komunikasi organisasi
Komunikasi organisasi (organizational communication) terjadi dalam suatu organisasi, bersifat formal dan informal, dan berlangsung dalam jaringan yang lebih besar dari komunikasi kelompok. Komunikasi organisasi juga melibatkan komunikasi diadik, komunikasi antarpribadi, dan komunikasi publik tergantung kebutuhan.
6. Komunikasi massa
Komunikasi massa (mass communication) adalah komunikasi yang menggunakan media massa cetak maupun elektronik yang dikelola sebuah lembaga atau orang yang dilembagakan yang ditujukan kepada sejumlah besar orang yang tersebar, anonim, dan heterogen. Pesan-pesannya bersifat umum, disampaikan secara serentak, cepat dan selintas.
Istilah komunikasi dalam jaringan mengacu pada membaca, menulis, dan berkomunikasi melalui/menggunakan jaringan computer. Komunikasi dalam jaringan adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan internet. Komunikasi yang terjadi di dunia semu biasa desebut komunikasi dunia maya atau cyberspace.
Komunikasi dalam jaringan pertama dimulai tahun 1960, di sebuah universitas of Hawaii yang memiliki daerah yang luas dan berkeinginan untuk menghubungkan computer-komputer yang tersebar di kampus tersebut. Kemudian Universitas of Hawaii mengembangkan teknologi Ethernet (perangkat komunikasi pada computer) dengan nama “ALOHA”. Di dalam Ethernet tersebut ditanam sebuah software yang didalamnya terdapat sebuah protocol yang pada saat itu disebut dengan nama ARPANET, yang diluncurkan tahun 1969. ARPANET untuk saat ini sudah berkembang menjadi nama internet yang berasal dari interconnected network. Penggunaan komunikasi dalam jaringan dalam dunia pendidikan pertama kali tahun 1980-an ditandai dengan pengenalan komputer sebagai media pendidikan dan pertengahan tahun 1990 dengan munculnya word wide web.
1.jenis komunikasi daring
A. Komunikasi Online Sinkron
Komunikasi online sinkron adalah komunikasi online yang terjadi secara serempak dalam waktu bersamaan dan bersifat real time (langsung) dengan menggunakan fasilitas elektronik sebagai media. Pada komunikasi online sinkron, pihak yang berkomunikasi berinteraksi secara langsung dalam proses penyampaian, penerimaan, hingga pemberian feedback dengan bantuan internet.Komunikasi online sinkron ini seperti ketika Anda berinteraksi langsung dengan orang lain di dunia nyata yang langsung dan bersifat dua arah, namun bedanya ini terjadi di dunia maya.
Beberapa hal yang termasuk ke dalam contoh komunikasi online sinkron adalah komunikasi menggunakan aplikasi chatting dengan berbentuk tertulis (text chat) ataupun berupa video (video call). Anda tentu sering menghubungi dan mengobrol dengan teman menggunakan berbagai aplikasi chatting seperti WhatsApp, BBM, Line, dan lain sebagainya menggunakan tulisan atau bahkan saling melihat wajah masing-masing melalui video.
Komunikasi melalui berbagai aplikasi tersebut termasuk pada jenis yang sinkron karena Anda dan teman Anda menyampaikan dan menerima pesan secara langsung
B. Komunikasi Online Asinkron
Dalam komunikasi online asinkron, proses penyampaian pesan tidak langsung diterima atau diberikan feedback oleh pihak yang diberikan pesan namun membutuhkan waktu beberapa saat. Dengan begitu, proses komunikasi pun tidak terjadi langsung atau di saat yang bersamaan oleh pihak yang memberikan dan menerima pesan.
Beberapa contoh komunikasi online asinkron adalah komunikasi melalui email, forum di internet, tulisan di website atau blog, video streaming dari Youtube, dan semacamnya. Komunikasi online asinkron membutuhkan kesediaan dari pihak penerima pesan untuk membaca atau melihat pesan yang disampaikan terlebih dahulu oleh pemberi pesan. Penerima pesan juga bisa memberikan feedback, seperti dengan memberikan komentar atau membagikan informasi yang diberikan, namun tidak secara langsung dilakukan dan diberikan pada pemberi pesan.
TUJUAN KOMUNIKASI DALAM JARINGAN
#1. Memungkinkan pengiriman data dalam jumlah besar secara efisien, ekonomis dan tanpa kesalahan.
#2. Dukungan pengendalian jarak jauh, sehingga memungkinkan pengguna mengendalikan komputer dan perangkat dari jarak jauh.
#3. Penggunaan komputer secara terpusat ataupun tersebar, sehingga mendukung manajemen dalam hal kontrol, baik desentralisasi ataupun sentralisasi
#4. Memudahkan pengelolaan, pengaturan pengaturan data antara dua perangkat atau lebih.
KOMPONEN PENDUKUNG KOMUNIKASI DALAM JARINGAN
- Hardware/perangkat keras
- Software
- Brainware
sumber(http://www.silontong.com/2014/10/04/pengertian-tentang-komunikasi-daring-fungsi-dan-jenisnya/)
Kelebihan dan Kekurangan
Seperti bidang dan kajian komunikasi lainnya, komunikasi online pun memiliki kelebihan dan kekurangannya. Berikut adalah kelebihan dari dilakukannya komunikasi online:- Komunikasi online mempermudah komunikasi dengan orang lain yang terbatas dengan jarak dan waktu, dimana kita bisa menyampaikan pesan kepada orang yang tidak sedang bersama kita secara fisik. Dengan begitu, kita tetap bisa berinteraksi dengan orang yang mungkin sulit untuk ditemui langsung saat ini atau setidaknya mengetahui kabar mereka.
- Komunikasi online dapat dilakukan dengan mudah dan cepat selama terdapat jaringan internet, bahkan bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Tidak ada batasan untuk berkomunikasi online, yang penting kita punya perangkat yang bisa digunakan untuk menyambungkan kepada internet dan tentunya jaringan internet itu sendiri.
- Komunikasi online membuat kita selalu update dan mengetahui berita terkini tanpa harus keluar atau bertanya kepada banyak orang, karena informasi yang disampaikan melalui internet melesat sangat cepat. Kini kita bisa mengetahui berita dari daerah lain yang mungkin tidak terliput oleh media massa, atau hal-hal menarik dari negara lain hanya dari sumber internet.
- Dalam konteks dan situasi tertentu, komunikasi online memang mendekatkan yang jauh namun menjauhkan yang dekat. Kita mungkin sering merasakan kalau kita jadi tidak menghiraukan orang di sebelah karena sibuk dengan ponsel dan bermain internet, sehingga komunikasi di dunia nyata justru semakin berkurang dilakukan.
- Komunikasi online kurang dapat mewakili emosi dalam proses penyampaian pesan dan ini dapat menyebabkan kesalahpahaman. Jika dalam kehidupan nyata kita bisa menggunakan nada bicara atau ekspresi wajah untuk menegaskan apa yang kita ucapkan, komunikasi online terbatas pada tulisan atau emoticon yang terkadang tidak mampu mewakili emosi yang sesungguhnya.
- Karena kemudahan penyebaran informasi dalam internet, muncul berbagai informasi yang tidak bisa dipercaya kebenarannya. Semua orang kini bisa membuat dan menyebarkan informasi, atau bahkan berita bohong (hoax), yang tentunya akan mengarah kepada pandangan publik yang tidak tepat.
Interaksi dan
komunikasi online juga berhubungan dengan konsep Kewarganegaraan digital.arti
dari kewarganegaraan digital dibagi menjadi 2 yaitu:
A. Warga digital
Warga digital dalah orang yang
baik atau buruk kecerdasan dalam teknologi IT dan memiliki pilihan dan perilaku
teknologi.
B. Kewarganegaraan
digital
Kewarganegaraan digital adalah
konsep yang dapat digunakan IT Untuk memberikan pengetahuan teknologi dunia
maya secara baik dan benar.
Pada konsep kewarganegaraan
digital ada juga sebuah konsep yang harus diperhatikan yaitu T.H.I.N.K.
T.H.I.N.K dapat diuraikan menjadi
5 yaitu:
1.is it True? Yang berarti apakah informasi yang kita
berikan kepada orang lain itu benar.
2.is it Hurtful? Yang berarti apakah informasi yang kita
berikan kepada orang lain itu menyakiti hati orang tersebut/orang lain.
3.is it Illegal? Yang berarti apakah informasi yang kita
berikan kepada orang lain itu legal/sah.
4.is it Neccesary? Yang berarti apakah informasi yang kita
berikan kepada orang lain itu perlu diberikan.
5.is it Kind? Yang berarti apakah informasi
yang kita berikan kepada orang lain itu baik.
Contoh T.H.I.N.K yang harus
diperhatikan pada kehidupan sehari hari kita,yaitu:
·
Pemakaian Sosial Media(SOSMED)
·
Komunitas
·
Pengusaha dan Perusahaan
·
Menulis Blog
·
Membuat Vlog
Komentar
Posting Komentar